Cara Tepat Bersihkan Kulit Berminyak

Memiliki jenis kulit wajah yang berminyak membuat kotoran dan debu mudah menempel sehingga gampang terkena jerawat. Mencegah timbulnya jerawat, sebaiknya Anda membersihkan wajah dengan tepat menggunakan produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Seperti apa?

Seorang wanita yang memiliki jenis kulit berminyak rentan mengalami masalah kulit seperti kulit kusam dan berjerawat. Karena itu, sebaiknya Anda membersihkan kulit wajah dengan produk yang sesuai dengan jenis kulit. Karena jenis kulit berminyak diperlukan perawatan khusus agar tidak menimbulkan efek yang buruk terhadap kulit.

Menurut dr. Anggi Yuliani Utami, Dipl. Cos. Med. Dipl. AAAM, dokter kecantikan dan antiaging, ada beberapa penyebab timbulnya masalah pada kulit berminyak, antara lain:

  1. Pola Makan Tidak Sehat. Pola makan yang buruk akan menyebabkan kadar minyak berlebih dalam kulit terutama kulit wajah. Biasanya berasal dari makanan yang manis dan berlemak tinggi. Karena itu, jika ingin terhindar dari masalah kulit berminyak, salah satu cara Anda harus mengurangi makanan yang mengandung lemak seperti gorengan. Selain, itu, sebaiknya mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung sayur-sayuran seperti salad.
  2. Faktor Hormonal. Faktor hormon yang tidak seimbang atau pada saat masa puber biasanya kulit wajah memproduksi minyak berlebih dari biasanya.
  3. Pemilihan Jenis Kosmetik. Pemilihan jenis kosmetik yang tidak tepat juga merupakan Salah satu penyebab timbulnya masalah kulit berminyak dari luar tubuh. Pemilihan kosmetik yang salah ini juga bisa menyebabkan kadar minyak di wajah menjadi meningkat. Untuk itu, sebaiknya Anda berkonsultasi masalah kulit wajah dengan dokter kulit langganan Anda.
  4. Faktor Keturunan. Biasanya orangtua yang mempunyai masalah kulit berminyak, akan diwariskan juga ke anak-anaknya.
  5. Penggunaan Obat KB. Penggunaan obat untuk KB juga merupakan salah satu penyebab dari timbulnya masalah kulit berminyak dari dalam tubuh. Obat untuk KB yang dikonsumsi sedang bekerja dalam tubuh sehingga menekan produksi minyak berlebih pada kulit wajah.

Pembersihan Wajah. Setelah mengetahui faktor penyebab kulit berminyak, maka sebaiknya Anda dapat menjaga agar tidak timbul masalah kulit berminyak.

Cara menjaganya adalah dengan menjalani pola makan yang sehat dan teratur, memilih kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit, tidak terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan yang memicu timbulnya minyak berlebih dan lain-lain.

Selain itu, agar jenis kulit berminyak tidak menimbulkan masalah maka sebaiknya Anda juga rutin membersihkan kulit wajah 2-3 kali sehari, dengan pembersih wajah yang khusus untuk jenis kulit berminyak. Pembersihan wajah biasanya dilakukan pada pagi, siang, serta malam hari Setelah beraktivitas dan menggunakan make up.

Sebaiknya menggunakan pembersih wajah yang berbahan dasar minyak sebagai penghilang sebum. Ketika membersihkan wajah, lakukan pemijatan di sekitar dahi, hidung dan dagu selama 5-20 menit, dengan gerakan searah jarum jam agar hasilnya optimal, Sesudah itu, wajah dibasuh dengan air hingga bersih, lalu diusapkan pada wajah yang telah dicuci menggunakan handuk kering.

Sebelum membersihkan wajah, gunakan juga kertas penyerap minyak dengan Cara menepuk-nepukkannya ke wajah supaya dapat menyerap minyak yang berlebih. Untuk menghilangkan minyak sebaiknya tidak menggunakan toner yang berkadar alkohol tinggi karena dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat. Oleh karena itu, diperlukan juga memilih make up yang berbahan dasar mineral untuk menghindari munculnya jerawat pada kulit berminyak.

Sumber: Wawancara dr. AnggiĀ Utami denganĀ Anita Permatasari (Tabloid Info Kecantikan, November 2013)
Share Button