Mengapa Terjadi Jerawat?

Penyebab jerawat ada beberapa hal. Bisa disebabkan penutupan pori pori dengan berbagai macam penyebab (kosmetik yang sifatnya komedogenik -menyumbat), peningkatkan produksi kelenjar minyak karena pengaruh hormon androgen (hormon laki laki). Hormon androgen dalam wanita ini dapat meningkatkan aktivitas kelenjar minyak pada kulit , ditambah dengan infeksi bakteri. Setiap perubahan hormonal baik itu saat hamil maupun menstruasi dapat meningkatkan produksi minyak.
Jerawat juga ada hubungannya dengan faktor keturunan, jadi jika salah satu orang tua anda jerawatan maka anda pun akan beresiko tinggi terkena jerawat. Jerawat akan tetap menemani anda sampai umur 40 tahun.
Cucilah wajah anda maksimal 3-4x sehari dengan menggunakan sabun wajah yang ringan .lebih dari itu akan merangsang lebih banyak produksi minyak.
Jerawat tidak akan hilang seiring dengan peningkatan usia, namun ada satu penelitian yang mengatakan jerawat akan berkurang pada usia diatas 44 tahun. Pada wanita, jerawat akan menghilang saat menopause.
Obat obatan yang biasa digunakan adalah yang membuka penyumbat pori2, membunuh bakteri ,mengurangi radang, dan memperbaiki kadar asam kulit permukaan(acid mantle).
Bagaimana sih caranya mencegah jerawat?
Cobalah dua langkah mudah berikut :
Pertama, jangan suka menyentuh wajah (no picking). Menyentuh wajah terlalu sering dapat meningkatkan produksi minyak, mengiritasi kulit wajah dan meningkatkan perkembangan bakteri. jangan terlalu sering membasuh muka dengan sabun wajah dengan busa sangat banyak (no overcleansing). put an ice 2x daily and aloe vera. Segeralah konsultasi face to face dengan dokter

 

konsultasi-gratis

Share Button